…..Terima Kasih Atas Kunjungan Anada di Blog Iccky…..

Thursday 16 June 2011

Siswa Sambas ke Jepang Dari Matang Sigantar Wakili Kalbar

SAMBAS – Satu lagi kado istimewa buat Bupati Juliarti Djuhardi Alwi dan wakilnya, Pabali Musa, mengawali tugas mereka. Salah satu pelajar Sambas, Arrykardianto, akan mewakili Kalbar dalam pertukaran pelajar ke Osaka, Jepang, dalam bidang sains.Bupati langsung menyambut hangat kedatangan Kabid SMK/SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sambas Al-Amruzi MZ, Kepala SMAN 1 Sambas H Nizar, dan guru fisika Tedi Heriyanto, dan sang pelajar Arrykardianto yang merupakan siswa SMAN 1 Sambas yang bakal ke Jepang, di Ruang Kerja Bupati, Selasa (14/6). Bupati perempuan pertama di Kalbar tersebut mengaku senang atas prestasi yang diraih salah satu putera terbaik Sambas ini. “Pertukaran pelajar ini merupakan program pemerintah untuk memajukan pendidikan, tetapi yang terpenting doa, artinya bagaimana pendidikan maju dan berkualitas,” katanya.

Dukungan masyarakat, kata dia, sangat diperlukan untuk menuju Kabupaten Sambas terunggul di Kalbar tahun 2025. ”Pendidikan harus menjadi prioritas utama, apalagi pelajar kita sekarang telah membuktikan diri sebagai duta Indonesia yang mewakili Kabupaten Sambas di Jepang,” kata dia.Rombongang berbincang dengan Bupati. Arrykardianto merupakan satu dari dua perwakilan Kalbar yang akan berangkat ke Jepang. Perwakilan Kalbar lainya adalah siswa SMAN 3 Pontianak. Hanya 16 siswa se-Indonesia yang terpilih berangkat ke Jepang. Mereka merupakan siswa pilihan hasil seleksi yang dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar. Rencanannya Arrykardianto akan berangkat ke Jakarta pada 18 Juni mendatang, untuk kemudian terbang ke Jepang. Bupati meminta agar perwakilan pelajar yang mewakili Kabupaten Sambas harus menguasai kreasi. Seperti pantun, tarian, budaya, sejarah, serta lagu daerah. Karena, diingatkan dia, seorang duta harus bisa mempromosikan daerah, sehingga daerahnya dikenal di mancanegara.

Kepala sekolah dan sang guru mengaku bangga atas prestasi siswanya. “Kita sangat bangga, kami berharap prestasi Arrykardianto bisa diikuti kawan dan siswa lainya,” papar Nizar kepada Pontianak Post. Di Jepang, muridnya bakal menjadi duta budaya Sambas.Sementara itu, Arrykardianto tampak gembira dengan tawa sumringah yang meluapkan kebahagiannya bisa berangkat ke negeri Sakura. “Senang Pak, saya tak menyangka bisa ke Jepang, padahal saingan se-Kalbar cukup banyak, dari Matang Sigantar menuju Osaka,” katanya sambil tertawa. Anak pasangan Diman dan Kartina ini merupakan warga Dusun Beringin, desa Matang Sigantar, kecamatan Teluk Keramat. Siswa IPA ini berjanji akan melakukan terbaik memperkenalkan kebudayaan Sambas di Jepang nantinya. 

No comments: